Rabu, 23 Februari 2011

indah pada waktunya

Ketika ku minta pd Allah Setangkai BUNGA SEGAR,ia beri ku KAKTUS BERDURI, Aku pun minta pada-Nya BINATANG MUNGIL nan cantik, ia beri aku ULAT BERBULU… Aku sempat sedih, protes dan kecewa..betapa tidak adilnya ini,NAMUN KEMUDIAN..KAKTUS itu berbunga INDAH SEKALI…dan ULAT itu pun TUMBUH dan BERUBAH menjadi KUPU2 yg teramat CANTIK..itulah jalan Allah, INDAH pada WAKTUNYA…ALLAH tidak memberi apa yang kita HARAPKAN,TAPI…Ia memberi apa yg kita PERLUKAN..kadang kita SEDIH,KECEWA,TERLUKA ..tapi jauh diatas segalanya,IA sedang MERAJUT yg terbaik untuk kehidupan kita..SUBHANALLAH

catatan: rudy

Sabtu, 19 Februari 2011

Senin, 07 Februari 2011

kubu dan mani gajah

Kubu Dan ‘Air mani Gajah’
Seorang kubu (suku asli di pedalaman Sumatera) mengendarai sepeda motor barunya. Anehnya dia hanya menggunakan gigi satu, apapun kondisi jalan, dia tak pernah mengoper gigi perseneling motornya. Seseorang menegurnya, “kenapa selalu pakai gigi satu? Di oper ke gigi dua, tiga, empat biar enak mengendarainya!”
Orang kubu itu menyahut, “gigi satu saja belum habis, kenapa harus pakai gigi dua?”

kubu
Suku Anak Dalam


Maaf, itu hanya anekdot saja. Aku bukan bermaksud menghina suku kubu, aku cuma ingin menggambarkan, begitulah persepsi masyarakat umum terhadap suku orang rimba ini. Penamaan ‘kubu’ itu sendiri diberikan kurang lebih sebagai hinaan. Kubu berarti ‘bau’. Alamaak….! Tega bener ya! Pemerintah yang berwenang memberikan nama resmi kepada mereka suku anak dalam, ini searah dengan kebijakan pemerintah untuk mulai menempatkan suku nomaden ini kedalam lingkungan sosial yang lebih berbudaya.

Di beberapa kabupaten dimana suku-suku ini banyak tersebar (Prov.Jambi), telah banyak di bangun pemukiman-pemukiman layak huni yang dikhususkan untuk mereka. Kajian dan studi-studi ilmiah juga terus di kembangkan demi memahami tata budaya mereka agar dapat terjalin interaksi positif antara masyarakat umum dengan suku asli ini. Berbagai kalangan mulai menyadari perlunya di bentuk LSM yang independen, untuk mengadvokasi hak-hak mereka.

Bagaimana keberhasilan program besar ini? Aku tak tahu, aku belum sempat mengadakan riset atau mencari referensi tentang masalah itu, dan postingan ini bukan untuk membahas masalah kehidupan sosial mereka, tapi semata untk melihat seperti apa orang dikampungku memandang orang rimba ini.

Mungkin artikel ini kurang objektif, sebab aku sendiri bukan asli orang Melayu. Aku hanya sekedar pendatang, menetap dan menikah dengan orang sini. Tetapi, katakanlah aku orang luar, dan justru orang luarlah yang sanggup menilai keadaan se-objektif mungkin, bukankah begitu?

Pandangan umum masyarakat terhadap orang rimba adalah ‘mereka bodoh dan gampang dibodohi’, semua orang dikampungku setuju. Benarkah kenyataannya begitu?

Ada satu kisah menarik dari seorang Tetua di kampung kami, dia mengaku memiliki benda ajaib yang langka di dunia. Dia menyebut benda itu sebagai air mani gajah, sebuah benda yang akan memberikan peruntungan kepada pemiliknya.

Dengan bangga dia mengulang-ulang kisah itu kepada siapa saja yang mau mendengarnya.
“Orang kubu, meski bodoh,”katanya, “tapi mereka cukup sakti, banyak jimatnya. Salah satunya yang paling terkenal adalah air mani gajah“. Suatu hari ada seorang kubu menawarkan benda ajaib itu pada sang Tetua kampung. Tentu saja dg harga yang amat mahal, sang Tetua mencoba membujuk orang rimba itu dg segala cara, sampai akhirnya si kubu menyerahkan sebotol ‘mani gajah’ itu dg harga beberapa rupiah saja. Maka resmilah sang Tetua sebagai pemilik benda ajaib itu. Tidak diceritakan bagaimana orang kubu mendapatkan jimat ajaib itu, apakah dengan mengintip sepasang gajah yang lagi indehoy, kemudian mencuri air maninya…? weleh…weleh… Tapi semua orang kampung mempercayai kisah itu, kecuali aku, tentu! Jika benar sang Tetua membeli ‘mani gajah’ itu dari kubu itu, maka siapa yang menurutmu lebih bodoh, kubu atau sang Tetua kampung?

Aku mencari-cari di google, air mani…gajah, tak ada satu pun situs yang sesuai…malah nyasar ke situs-situs bokep… Whahaha…

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Pohon Pisang Buah Bercabang

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Pohon Pisang Buah Bercabang: "Koleksi Foto Pohon Pisang Buah BercabangKoleksi Foto Bonsai Pohon Pisang Koleksi Foto Pohon Pisang Buah Bercabang-Cabang BanyakKoleksi Foto..."

Koleksi Foto dan Gambar: Gambar Foto Crop Circle UFO Sleman Jogja

Koleksi Foto dan Gambar: Gambar Foto Crop Circle UFO Sleman Jogja: "Koleksi Gambar Foto Crop Circle UFO Sleman JogjaFoto Crop Circle UFO Sleman Jogja dari JauhGambar Foto Crop Circle UFO Sleman JogjaFoto Crop..."

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Desain Rumah Mewah

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Desain Rumah Mewah: "Koleksi Foto Desain Tangga Rumah MewahKoleksi Foto Desain Exterior Rumah MewahKoleksi Foto Desain Rumah Mewah MinimalisKoleksi Foto Desain R..."

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Harimau

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Harimau: "Koleksi Foto Harimau Foto Harimau Liar di AlamBebasFoto Harimau lepasFoto Harimau Jinak Foto Harimau DewasaFoto Harimau Sudah Jinak"

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Kuda Zebra

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Kuda Zebra: "Koleksi Foto Kuda Zebra"

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Tokek Raksasa

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Tokek Raksasa: "Koleksi Gambar Tokek Besar ekor cabang 2Koleksi Gambar Tokek RaksasaKoleksi Gambar Tokek berat 2 kg lebihKoleksi Foto Tokek Raksasa"

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Burung Merpati Hias

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Burung Merpati Hias: "Koleksi Gambar Jenis Burung Merpati HiasBurung Merpati Hias Maltese PutihBurung Merpati Hias Maltese Abu-abuBurung Merpati Hias King Putih D..."

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Karikatur Lucu

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Karikatur Lucu: "Koleksi Gambar Karikatur Lucu"

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Wayang Golek Sunda

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Wayang Golek Sunda: "Koleksi Gambar Wayang Golek Bima Sunda Koleksi Gambar Wayang Golek Cepot Sunda"

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Burung Merpati Balap Sprint

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Gambar Burung Merpati Balap Sprint: "Koleksi Gambar Burung Merpati Balap SprintKoleksi Gambar Burung Merpati Balap Juara SprintKoleksi Gambar Burung Merpati Balap Bagus"

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Singa

Koleksi Foto dan Gambar: Koleksi Foto Singa: "Koleksi Foto SingaFoto Singa Jinak Foto Singa HutanFoto Anak Singa"

Sabtu, 05 Februari 2011

membuang waktu sia-sia

Sangat-sangat mubadzir waktu:
✗ Texas Poker
✗ Farm Ville
✗ Fish Ville
...✗ City Ville
✗ Pizza World
✗ Salon Street
✗ DLL

Dan juga:
☑ Sangat membuang potensi
☑ Mengganggu orang lain
☑ Menebar Hal yang sesat

Sungguh, kelak kita akan tanggung jawab akan waktu, untuk apa dihabiskan???

Mubadzir itu tak hanya teman, tapi saudara setan. QS.17 Isra:27

kriteria laki-laki sejati

Apakah kriteria laki2 sejati idaman saudari?
♡ Kaya, agama apa ªjJĴäª ϑέEέђђ
♡ Cakep, Iman nomer 19
♡ Atletis, ga pke baju jg gpp
...♡ Tajir, Funky man!
♡ Macho?
♡ Cool abiizz
♡ Smart

Afdholnya Laki-laki idaman ialah yang bagus agamanya & Shalat 5 waktu di masjid..

Cinta abadi tidak mengajak ke neraka
Tapi membimbing pada Ridha-NYA

miliarder mud

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dikenal sebagai sosok miliarder termuda, yang memulai debutnya di usia 19 tahun. Dia memulai membuat Facebook dari asrama Harvard pada tahun 2004 dan saat ini berusia 26 tahun. Ia juga menjadi filantropis yang menyumbangkan US$ 10 juta untuk sekolah distrik Newark NJ.

Sosok Zuckerberg yang masih muda memberi kisah yang insipiratif bagi semua. Namun sesungguhnya beberapa perguruan tinggi telah mencetak miliarder muda setiap tahun.

Namun, menjadi miliarder muda tak semudah membalikkan telapak tangan. Seperti dikutip VIVANews dari Kiplinger.com, menjadi pengusaha di usia muda membutuhkan visi, kecerdasan, tekad kuat, dan sedikit keberuntungan. Berikut lima pengusaha yang memulai kariernya di bawah 25 tahun.

Kisah pertama - keempat baca di sini.


5. Matt Mickiewicz, pendiri Sitepoint, 99 Deseigns and Flippa

Menjadi miliarder sejak usia 22 tahun, dia meluncurkan perusahaan pertamanya pada 1998. Ia memilih media internet karena dapat menghubungkan dengan pelanggan dan bisa mendapatkan feedback langsung. Itulah yang membuatnya meluncurkan ide baru dengan biaya lebih murah.

Pesannya untuk pengusaha muda: "Buatlah ide-ide dengan memberikan solusi yang tidak dipunya orang lain."

6. Jermaine Griggs, Pendiri Hear and Play Music Group

Ia memulai usahanya sejak usia 23 tahun. Griggs tertarik untuk mengajar musik seperti piano, drum, melalui telinga. Lebih dari 2 juta siswa mengunduh pelajaran musik secara online itu setiap tahunnya. Griggs berencana meluncurkan pusat belajar lewat jaringan televisi dan majalah.

Sarannya kepada pengusaha muda:"Pahamilah kekuatan pemasaran, tak hanya pada barang, namun diri anda sendiri dan ide anda. Pelajari bisnis sebelum anda terjun dan temukan orang yang memiliki impian dan aspirasi yang sama dengan anda"

7. David Hauser & Siamak Taghaddos, CEO Grasshopper Group

Keduanya mulai menjadi jutawan ketika berumur 24 dan 25 tahun. Keduanya bertemu di Kampus Babson, dimana mereka mengembangkan sistem telephone virtual yang didesain untuk melayani wirausaha. Hauser yang membangun teknologinya dan Taghaddos mendapat bagian pemasaran.

Pesan Taghaddos kepada pengusaha muda adalah "pendidikan membantu memoles jiwa wirausaha pada kita. Selalu cari peluang dalam setiap kesempatan dan tantangan dalam hidup anda. Kesuksesan adalah mencari solusi dalam setiap tantangan. Itu yang membantu anda, sedangkan uang adalah nomor dua.

8. Cameron Johnson

Ia meluncurkan selusin website antara 1998-2004 sebelum menginjak usia 20 tahun, lantas menjadi jutawan sebelum lulus SMA.

Sejak usia 9 tahun, ia sudah memulai perusahaan percetakan dengan membuat kartu ucapan dari rumahnya. Pada usia 12 tahun, ia membukukan pendapatan US$50 juta dengan cara menjual koleksi Beanie Baby milik adiknya. Ia dianggap sebagai ikon pengusaha di Jepang dan sebutan "Beat Bos" dalam suat acara BBC. Namun, saat ini ia fokus menjadi penulis dan menjadi dosen tamu.

Sarannya bagi pengusaha muda: "Tempatkan dirimu di luar sana. Mulailah sesuatu dari yang kecil. Semakin anda menekan biaya awal, maka semakin mudah mendapatkan keuntungan. Beri nilai tambah bagi orang lain dan anda akan dihargai."

Baca Juga: Daftar Negara Paling Miskin di Dunia
• VIVAnews

contoh orang-orag milyarder kelas dunia

- Miliarder memang identik dengan kepemilikan uang "segunung". Mereka bisa membelanjakan kekayaannya atau berfoya-foya sesuka hati. Bahkan, seolah-olah tak bakal habis meski sang miliarder sudah tutup usia.

Simak saja misalnya, Carlos Slim Helu, konglomerat di bidang telekomunikasi. Menurut majalah Forbes, ia memiliki kekayaan US$60,6 miliar. Dengan asumsi tidak ada perubahan kekayaan, ia bisa menghabiskan US$1.150 per menit hingga 100 tahun ke depan sebelum ia kehabisan uang.

Namun, Carlos memilih hidup berhemat. Dia, seperti beberapa contoh miliarder top dunia lainnya, juga tidak gemar berfoya-foya menghabiskan uangnya. Bahkan, beberapa sikap dan perilaku miliarder pun bisa dicontoh. Berikut beberapa contoh yang bisa ditiru:

1. Tetap tinggal di rumah sederhana

Seorang miliarder mampu tinggal di apartemen yang paling ekslusif lebih dari yang Anda bayangkan. Seperti Bill Gates yang memiliki luas rumah 66.000 kaki persegi, senilai US$147,5 juta di Medina-Washington.

Namun miliarder hemat seperti Warren Buffet memilih untuk tetap tinggal di rumah yang sederhana. Ia tinggal di rumah dengan lima kamar tidur di Omaha yang dibeli pada 1957 sebesar US$31.500.

2. Gunakan transportasi publik

Miliarder hemat seperti John Caudwell, David Cheriton dan Chuck Feeney memilih untuk jalan kaki, mengendarai sepeda, dan menggunakan transportasi publik untuk berkeliling kota.

Tentu saja orang kaya itu bisa menggunakan helikopter untuk pertemuan jamuan makan siang atau naik mobil Bentleys dengan dikemudikan sopir, namun mereka memilih sedikit berolahraga atau menggunakan angkutan umum. Ini menguntungkan untuk berhemat, sekaligus juga baik untuk lingkungan.

3. Membeli pakaian dari rak mal

Beberapa orang memakai pakaian dengan disainer ternama, namun beberapa miliarder hemat memutuskan menggunakan baju simpel, karena menurutnya baju yang mahal tidak sebanding dengan usaha mereka.

Anda dapat menemukan Cheriton, profesor Stanford, pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page yang mengenakan jins dan T shirt.

Invard Kampard, pendiri perusahaan furnitur Ikea juga menghindari memakai jas, dan miliarder ponsel Caudwell membeli pakaiannya dari rak toko baju dibanding menghabiskan kekayaan dari perancang.

4. Gunakan salon biasa untuk memotong rambut.

Biaya rata-rata untuk memotong rambut sekitar US$45 di Amerika, namun orang kaya dapat menghabiskan US$800 untuk mengganti model rambut. Jika dikalikan setiap enam minggu selama satu tahun, maka akan menghabiskan US$7.200. Itu tidak termasuk dengan tip.

Para miliarder itu dapat mengganti model rambutnya dengan mode paling gaya dan tarif mahal di salon mewah. Tetapi, miliarder seperti Caudwell dan Cheriton memilih memotong rambut sendiri di rumah.

5. Mengendarai mobil biasa

Sementara itu, miliarder seperti Larry Ellison (pendiri dan CEO Oracle) gemar menghabiskan jutaan uang untuk mobil, kapal, dan pesawat tapi yang lain tetap rendah hati dengan menggunakan kendaraan pilihannya.

Jim Walton (keluarga Wal Mart) mengendarai truk pick up selama 15 tahun. Azin Preji, taipan India mengendarai Toyota Corolla. Sedangkan Kamprad dari Ikea, mengendarai mobil volvo selama 10 tahun.

Mereka berpendapat, daripada untuk membeli mobil, lebih baik memilih membeli tanah. Tidak perlu mengendari mobil yang berganti dalam seminggu.

6. Hindari membeli barang mewah

Mungkin ini mengejutkan bagi kita, namun orang terkaya di dunia, Slim-orang yang bisa menghabiskan lebih dari US$1.000 per menit ternyata tidak memiliki kapal pesiar atau pesawat.

Namun, banyak miliarder lainnya memilih menghindari barang mewah. Buffet juga menghindari barang mewah kendati materi berlimpah. Menurutnya, "mainan itu kebanyakan menyebabkan sakit leher."
• VIVAnews

Pentingnya Membangun Kepercayaan Diri

Sumber: www.AnneAhira.com

Dalam kehidupan kita, rasa kepercayaan diri adalah modal untuk mencapai kesuksesan dalam hal apapun. Rasa percaya diri bisa diartikan sebagai keberanian dalam diri sehingga seseorang mampu melakukan sesuatu yang dianggapnya benar.


Setiap orang pastilah ingin hidup sukses. Banyak yang berpendapat bahwa orang-orang yang mengalami kesuksesan hanyalah orang-orang yang berpendidikan tinggi dan memiliki segudang ilmu.


Gelar pendidikan yang tinggi memang merupakan salah satu faktor yang bisa membangun kepercayaan diri. Namun tak jarang pula orang-orang yang sudah memiliki ilmu tapi hampir selalu ragu-ragu dalam melakukan sesuatu.


Bagaimana dengan mereka yang kurang beruntung dan tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi? Apakah mereka tidak bisa meraih kesuksesan? Jawabannya tentu saja tidak. Setiap orang bisa sukses dengan cara apapun. Modalnya hanya satu, yaitu kepercayaan diri.


Anda mungkin salah satu orang yang pernah mendengar tentang kisah-kisah pengusaha sukses yang mungkin tidak sempat kuliah, atau pengusaha yang hanya lulusan SMP atau SMA. Bagaimana mereka bisa sukses sedangkan mereka tidak memiliki gelar pendidikan yang tinggi? Kepercayaan diri merekalah yang menuntun mereka untuk mencapai kesuksesan.


Tips Membangun Kepercayaan Diri


Apakah Anda termasuk orang tidak percaya diri dan selalu ragu-ragu? Segera hapus sifat seperti itu. Seberapapun tinggi ilmu Anda, bila tidak memiliki rasa percaya diri, maka Anda tidak akan pernah berhasil dalam kehidupan.


Berikut ini beberapa contoh cara membangun rasa percaya diri untuk Anda.



  • Pikirkan segala kelebihan Anda, buang jauh terlebih dahulu segala pikiran negatif tentang diri Anda sendiri. Cari tahu apa kelebihan Anda yang tidak ada pada orang lain. Misalnya Anda bisa menyanyi, melukis, menulis, membuat kerajinan, atau bahkan Anda merasa bahwa Anda adalah pekerja keras yang baik. Apapun itu, selalu berpikirlah bahwa Anda memang dilahirkan dengan banyak kelebihan.



  • Selalu berpikir positif dalam segala hal. Ketika menemui hambatan, jangan pernah mengatakan bahwa Anda tidak bisa melalui itu. Tanamkan dalam hati bahwa hambatan apapun pasti ada jalan keluarnya, dan Anda pasti bisa melaluinya.



  • Anda tidak perlu resah dengan apapun yang orang pikirkan tentang Anda. Terkadang, kepercayaan diri seseorang langsung turun begitu ada orang lain yang memandang rendah. Terimalah pendapat atau kritikan yang membangun dari orang lain. Bila ada yang mengejek atau berusaha menjatuhkan, Anda tidak perlu mendengarkan hal itu.



  • Dalam setiap melakukan sesuatu, selalu pikirkan baik-baik tentang keuntungan dan kerugiannya. Buatlah rencana atau gambaran tentang apa yang akan Anda lakukan. Dengan begitu Anda akan merasa lebih percaya diri dan lebih siap dalam menerima resiko.



  • Selalu yakin bahwa apa yang Anda lakukan adalah benar dan memang memiliki manfaat. Tidak peduli seberapa banyak orang yang tidak setuju, bila Anda merasa yakin, maka kepercayaan diri itu akan datang dengan sendirinya.



  • Berkumpul  dengan orang-orang yang selalu mendukung dan memberi masukan positif pada Anda. Pergaulan yang benar pasti akan membawa Anda pada kesuksesan.



  • Kegagalan dan kecemasan pasti selalu datang bagi mereka yang berusaha untuk mencapai kesuksesan. Jangan  buang-buang tenaga untuk meratapinya. Sebaliknya, Anda harus yakin bahwa bila satu kegagalan terlalui, maka Anda selangkah lebih dekat dengan kesuksesan. Ingatlah bahwa kesuksesan tidak akan datang pada mereka yang belum mengalami kegagalan.



  • Pasrah  terhadap apa yang akan terjadi. Pasrah bukan berarti berdiam diri. Pasrah berarti menyerahkan segala hasil usaha Anda pada Tuhan, karena bagaimana pun Tuhan lah yang akan menentukan bagaimana hasil akhirnya. Rasa pasrah bisa mendatangkan kepercayaan diri yang cukup besar, karena ketika Anda sadar bahwa Tuhan selalu mendampingi Anda, maka Anda pun yakin bahwa Anda bisa melalui rintangan apapun.

Teori Kepercayaan Diri Prakteknya

Sumber: www.AnneAhira.com

Teori kepercayaan diri menjadi salah satu pilihan alternatif dari mereka yang mengalami masalah kepercayaan diri. Meski bukan sesuatu yang nampak secara lahir, namun adanya krisis kepercayaan diri dianggap sebagai sebuah masalah penting dalam kehidupan seseorang. Karena tanpa ada kepercayaan diri, maka seseorang akan merasa gamang dalam menjalani hidup mereka.


Dengan memahami teori kepercayaan diri, diharapkan seseorang bisa dibangkitkan dari rasa rendah diri yang dialaminya. Dan ini adalah sebuah awal untuk bisa menggali potensi seseorang secara optimal. Sebab, kepercayaan diri akan menyebabkan seseorang mendapat keyakinan bahwa dirinya memiliki sebuah potensi yang sama sebagaimana yang dimiliki oleh orang lain.


Inilah arti penting rasa percaya diri. Bahwa kepercayaan diri akan mampu membawa seseorang meraih sukses dengan mengoptimalkan potensi yang ada pada dirinya. Dan dengan kepercayaan diri pula, sebuah masalah yang dihadapi seseorang bisa diselesaikan dengan baik.


Sebab, orang yang memiliki kepercayaan diri, cenderung memiliki tingkat ketenangan dalam berpikir. Dengan adanya ketenangan ini, maka kerja otak akan bisa berjalan dengan lancar. Inilah yang menyebabkan seseorang bisa mendapatkan berbagai pemikiran yang mungkin tidak dipikirkan oleh orang lain pada saat menghadapi sebuah masalah.


Di sisi lain, kita pun harus bisa mengelola rasa percaya diri tersebut. Karena rasa percaya diri yang berlebihan juga tidak menimbulkan kebaikan. Di satu sisi percaya diri berlebih bisa menumbuhkan kesombongan dalam diri seseorang. Selain itu, berlebihnya kepercayaan diri pun bisa berdampak kita menjadi kurang waspada akan sesuatu karena cenderung meremehkan hal tersebut.



Cara Mendapatkan Kepercayaan Diri


Selain belajar melalui teori kepercayaan diri, seseorang bisa pula menumbuhkan kepercayaan diri secara praktek. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendorong dan menumbuhkan rasa percaya diri tersebut di antaranya adalah :



  1. Selalu belajar dan memperluas wawasan. Dengan belajar dan memiliki wawasan luas, seseorang akan bisa yakin bahwa dirinya memiliki kemampuan yang sama seperti orang lain.


  2. Banyak bergaul dengan berbagai macam karakter manusia. Hal ini akan memudahkan kita untuk terbiasa berhubungan dengan orang lain dan cepat beradaptasi. Masalah kepercayaan diri biasanya dimunculkan karena kita kurang terbiasa bergaul dengan orang yang memiliki karakter berlainan dengan apa yang biasa kita hadapi.


  3. Jadilah diri sendiri. Bagi orang yang kurang percaya diri, mereka cenderung meniru orang lain dalam segala sisi. Baik itu penampilan atau juga karakter. Ubahlah semua itu, dan yakinlah bahwa menjadi diri sendiri bukan sebuah hal yang salah.


  4. Jangan pernah takut salah. Rasa minder biasanya muncul sebagai akibat kita merasa takut untuk berbuat salah atas apa yang akan kita kerjakan atau lakukan. Hilangkan perasaan itu, dan gantikan dengan pemikiran bahwa manusia adalah tempat salah dan khilaf.

    Yang paling penting bukanlah bagaimana kita tidak berbuat salah, melainkan bagaimana kita bisa belajar dari kesalahan yang kita lakukan. Dan percayalah, bahwa orang lain pun pernah berbuat salah untuk hal yang kita tidak ketahui.

    Jadi, berbuat salah adalah sebuah kewajaran. Sedangkan yang tidak wajar adalah apabila kita tidak mau belajar dari kesalahan itu dan menjadi lebih baik di kemudian hari.